Tugas Mata Kuliah
Asas-Asas Manajemen
“Membuat Planning
Sederhana”
1.
Tujuan
Lancar
berbahasa Inggris (reading, writing,speaking,dan listening) pada 1 Januari 2016.
2.
Analisis Keadaan
Saat Ini dengan metode “SWOT”
Strength :
-
Sudah
mempunyai dasar-dasar bahasa Inggris, sehingga dalam waktu 46 hari hanya perlu
melancarkan kemampuan berbahasa inggris.
-
Mempunyai
motivasi yang besar untuk bisa mahir bahasa Inggris di tahun 2016.
Weakness :
-
Tidak
mempunyai guru atau seseorang yang membimbing dalam belajar bahasa Inggris.
Opportunity :
-
Dapat
mengakses internet untuk mencari ilmu.
-
Dapat
meminjam buku di perpustakaan.
Thraits :
-
Motivasi
belajar naik turun
-
Kurang
bisa membagi waktu antara belajar pelajaran yang terkait dengan kuliah dengan
belajar bahasa Inggris
-
Tidak
bisa mengakses internet setiap hari karena tidak ada uang untuk membeli pulsa.
-
Tidak
mempunyai uang untuk les Bahasa Inggris
3.
Identifikasi
Hambatan dan Solusi (Kemudahan)
Hambatan
|
Solusi
|
Motivasi
belajar naik turun
|
Tingkatkan
motivasi dengan menempel kata-kata penyemangat di kamar
|
Kurang bisa membagi waktu
|
Buat jadwal dan disiplin dalam melaksanakannya
|
Tidak bisa mengakses internet setiap hari
|
Manfaatkan wifi kampus.
Sebelum mengakses internet, pastikan sudah mencatat apa saja
yang ingin dicari
|
Tidak bisa les bahasa Inggris
|
-
reading
: Manfaatkan buku di perpustakaan
-
speaking
: Cari teman untuk berbicara bahasa inggris
-
listening
: mendengarkan lagu bahasa inggris dan menonton film yang berbahasa Inggris
tanpa subtitle
-
Writing
: menulis apa saja dengan bahasa inggris (diary, cerita, puisi, artikel, sms)
|
4.
Pengembangan
Rencana(Alternatif untuk mencapai Tujuan)
Untuk dapat lancar berbahasa Inggris dalam waktu 46 hari dapat
ditempuh dengan 2 cara, yaitu belajar melalui guru (les bahasa inggris) dan
belajar otodidak.
Untuk les Bahasa Inggris dibutuhkan uang yang banyak, namun
tujuan mungkin akan tercapai dengan baik dan terarah karena dibimbing oleh guru
yang berpengalaman. Les bahasa Inggris juga tidak mungkin selesai dalam waktu
46 hari, materi sedikit dan mungkin kebanyakan hanya mengulang apa yang telah
dipelajari secara garis besar.
Jika belajar otodidak maka kita harus berusaha lebih keras dan mendisiplinkan
diri. Keuntungan belajar otodidak adalah kita benar-benar belajar apa yang ingin
kita pelajari, lebih menimbulkan rasa ingin tahu karena kita tidak di dikte
untuk harus mempelajari sesuatu. Biaya murah (hanya membutuhkan buku, pulpen,
laptop, tenaga,kemauan).
5.
Desain Rencana
Dari dua alternatif di atas, saya lebih memilih rencana dengan cara
belajar otodidak, karena hambatan saya adalah sedikitnya uang sehingga tidak
dapat les Bahasa Inggris. Namun saya mempunyai kekuatan, yaitu kemauan dan
motivasi yang besar untuk dapat lancar berbahasa Inggris di tahun 2016. Selain
itu saya dapat memanfaatkan perpustakaan dan internet untuk mendapatkan materi.
Dalam melaksanakan program ini, pertama-tama saya akan membuat jadwal kegiatan
selama 46 hari yang kemudian akan saya laksanakan dengan disiplin. Pada akhir
tahun, saya ingin mencoba melakukan tes TOEFL sederhana melalui Soal di Buku
Perpustakaan. Saya menyadari bahwa waktu 46 hari tidaklah cukup untuk
benar-benar lancar berbahasa Inggris. Namun berbahasa adalah ketrampilan, harus
terus dipraktekkan. Dalam waktu 46 hari ini saya akan mendalami bahasa Inggris
secara intensif sehingga akan memudahkan saya dalam berbahasa Inggris untuk
selanjutnya. Jika saya telah benar-benar mengenal dasar bahasa Inggris dalam 46
hari ini,saya tinggal mempraktekkan dan memasukkan lagi pengetahuan-pengetahuan
baru untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan bisa saja program ini
tidak hanya berjalan 46 hari, namun dapat berkelanjutan.
6.
Rencana Final
Nama
Kegiatan :
Program
peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris
Waktu
Pelaksanaan :
16
November-31 Desember 2015
Jadwal Kegiatan :
WAKTU
|
JENIS KEGIATAN
|
11-12 November 2015
|
Membuat rencana kegiatan
|
13 November 2015
|
Membuat kata-kata penyemangat dan ditempel di Kamar, tempel
jadwal kegiatan.
|
14 November 2015
|
Meminjam Buku di Perpustakaan
|
Minggu Pertama
(16-22 November 2015),
Minggu Ketiga
(30 Nov.- 6 Des. 2015),
Minggu Kelima
(14-20 Desember 2015)
|
*Tugas
Reading
: Membaca 1 cerita bahasa Inggris & 1 artikel bahasa Inggris.
Writing
: Menerjemahkan 1 cerita bahasa indonesia ke dalam bahasa inggris. Menulis diary dalam
bahasa inggris setiap hari. Tulis 10 kosakata dalam sehari
Listening
: Menulis 1 lirik lagu bahasa inggris, setelah itu dicocokkan dengan di
internet.
Speaking
: Berbicara 30 menit dalam seminggu dengan teman dengan bahasa Ingris.
|
Minggu Kedua
(23-29 November 2015),
Minggu keempat
(7-13 Desember 2015),
Minggu Keenam
(21-27 Desember 2015)
|
*Tugas
Reading
: Membaca 1 cerita/artikel bahasa inggris perhari.
Writing
: Menulis 1 cerita berbahasa Inggris, menulis diary dalam bahasa inggris
setiap hari. Tulis 10 kosakata dalam sehari.
Listening
:Menonton 1 film berbahasa Inggris tanpa subtitle
Speaking
: Menghafal 1 lagu bahasa Inggris
|
Minggu Ketujuh
(28-31 Desember 2015)
|
Evaluasi akhir dengan latihan tes TOEFL dan menilainya secara
jujur.
|
Jadwal Per Minggu
|
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
MINGGU
|
MINGGU KE-1
|
Writing + materi
|
Listening + materi
|
Speaking + materi
|
Reading + materi
|
Evaluasi
|
Evaluasi
|
Meminjam buku
|
MINGGU
KE-2
|
Writing + materi
|
Listening + materi
|
Speaking + materi
|
Reading + materi
|
Evaluasi
|
Evaluasi
|
Meminjam buku
|
MINGGU
KE-3
|
Writing + materi
|
Listening + materi
|
Speaking + materi
|
Reading + materi
|
Evaluasi
|
Evaluasi
|
Meminjam buku
|
MINGGU
KE-4
|
Writing + materi
|
Listening + materi
|
Speaking + materi
|
Reading + materi
|
Evaluasi
|
Evaluasi
|
Meminjam buku
|
MINGGU KE-5
|
Writing + materi
|
Listening + materi
|
Speaking + materi
|
Reading + materi
|
Evaluasi
|
Evaluasi
|
Meminjam buku
|
MINGGU KE-6
|
Writing + materi
|
Listening + materi
|
Speaking + materi
|
Reading + materi
|
Evaluasi
|
Evaluasi
|
Meminjam buku
|
MINGGU KE-7
|
Tes TOEFL
|
Tes TOEFL
|
Tes TOEFL
|
Tes TOEFL
|
|
|
|
Catatan : Setiap
hari dilakukan tanda tangan telah memenuhi tugas untuk meningkatkan disiplin,
dan jika tidak melakukan denda Rp 5000,00.
Komentar
Posting Komentar