Alasanku Memilih Jurusan Ilmu Administrasi Negara



Mungkin kali ini aku akan sedikit bercerita mengapa aku memilih jurusan ilmu administrasi negara, sebelum aku mulai berbagi ilmu yang aku tahu tentang administrasi negara. Karena menurutku di dalam melakukan sesuatu kita harus tahu apa alasan kita melakukannya, apa yang membuat kita ingin melakukannya. Sehingga nanti kita akan bersemangat dalam menjalaninya, dan jika suatu saat semangat itu agak memudar mungkin kita perlu kembali merenungi "kenapa kita melangkah sejauh ini?" dan menengok ke belakang. Jika alasan-alasan itu hanya tersimpan di dalam hati tanpa tercetak dalam suatu kata-kata, seperti sejarah yang tak tertuliskan, lama-lama ingatan itu akan hilang, dan akan lebih sulit mengingat kembali alasan mengapa kita berada disini. Oleh karena itu, mulai sekarang, tulislah apa yang menjadi cita-cita kita, dan alasan mengapa kau ingin meraihnya. Karena itu juga sebagian dari doa :)

 

Cita-cita seseorang kadang berubah-ubah, tapi entah kenapa sejak SD, SMP, SMA cita-citaku tetap, ingin menjadi "guru". Namun guru mapel apa-nya itu yang selalu berubah-ubah. saat SMP aku ingin menjadi guru IPS, tapi saat SMA aku ingin menjadi guru SD. Alasannya sederhana, "pengin aja". haha... Yah, aku pikir sebagai seorang perempuan, nantinya aku adalah pengurus rumah tangga. Dan menjadi guru menurutku adalah pekerjaan yang paling cocok untuk perempuan. Setiap hari melihat tingah laku anak kecil yang lucu dan kadang bikin gemes. Selain itu, menjadi guru adalah salah satu jalan mendapatkan amal yang tidak ada putus-putusnya, yaitu "ilmu yang bermanfaat".  Aku pengin ngajar di daerah-daerah tertinggal sampai ke pelosok sana, biar semua anak Indonesia mendapat pengajaran yang baik. Karena di tangan merekalah nasib bangsa ini dipertaruhkan.

 

 Tapi...di daerahku belum ada universitas yang membuka prodi PGSD, ada sih satu, tapi itu universitas swasta yang mahal. Jadi aku harus mikir 99x untuk masuk ke univ itu. Kenapa ngga ke luar kota ? ya sempat kepikiran sih pengin ke UNY atau UNS. tapi lagi-lagi masalah biaya. Walaupun nantinya dapet beasiswa pun kayaknya masih kurang aja buat hidup di luar kota karena keluargaku memang hidup pas-pasan. Jadi, aku meluaskan lagi pikiranku tentang cita-citaku. Cita-cita terselubungku adalah ingin memberikan sesuatu yang berarti untuk Tanah Air. Dengan menjadi guru di daerah tertinggal, aku akan memberikan pengabdianku pada nusa, bangsa, dan agama. Namun, jika aku menjadi guru, maka hanya aku seorang diri yang ingin merubah wajah Indonesia. Walaupun bisa kutitipkan nanti pada anak didikku, namun kurasa itu masih tidaklah cukup untuk memperbaiki Indonesia dalam waktu yang relatif singkat. Diperlukan banyak orang untuk mengubah Indonesia. Selain itu, diperlukan pula seseorang yang benar-benar bisa memimpin semua orang itu menuju tujuannya. Mungkin di masa depan, aku akan memimpin semua orang di Indonesia untuk menjadi guru. Bukan hanya guru yang berada di sekolah, tapi guru bagi sesama, memimpin orang untuk membagikan pengetahuan yang dimilikinya kepada siapapun. Yang paling mendasar dalam mengubah suatu bangsa adalan mengubah mindset rakyat. Dan itu yang akan menjadi PR besar bagiku nantinya.

 

 Akhirnya setelah memikirkan berbagai pertimbangan, akhirnya aku menetapkan untuk belajar ilmu administrasi negara di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto. Mengapa Administrasi Negara? disini aku akan dijejali ilmu tentang belajar berorganisasi, memimpin, belajar menentukan kebijakan publik. Di sini aku bisa tahu bagaimana seluk beluk suatu pemerintahan. Selain itu aku masih haus akan ilmu manajemen, politik, dan ekonomi. Prinsipku adalah pelajari saja semua hal. Baik itu yang akan menyangkut pekerjaanmu atau tidak. Nanti suatu saat pasti kau akan melihat hasilnya.

 

 Dalam menuju cita-citaku untuk memperbaiki Indonesia, diperlukan banyak hal. Di universitas ini, insyaallah aku akan berproses dengan cara :

 

1. Belajar dengan sungguh-sungguh

2. Aktif dalam berorganisasi

3. Aktif dalam bermasyarakat

4. Lebih sering lagi membantu sesama.

5. Berbagi pengetahuan sekecil apapun dan kepada siapapun


Semangaat Lintaaaang.... Ganbatte!!! :)


 

Komentar

  1. Ka ayu boleh minta id line? Aku mau tanya soal adm negara

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, silakan di lintangayusaputri 😊😊😊

      Hapus
    2. ka ayu alasan memilih administrasi negara tuh gimnh?

      Hapus
    3. ka ayu alasan memilih administrasi negara tuh gimnh?

      Hapus
  2. Makasih kak atas motivasi yg cemerlang ini.
    Makin semangat aja jadi anak administrasi negara, benar dengan memilih jurusan ini kita bisa merubah negara kita ini bisa maju, terutama dalam hal dalam kebijakan publik.

    BalasHapus
  3. Alasan mengapa mengambil prodi administrasi negara apa kam

    BalasHapus

Posting Komentar