Mendefinisikan Ulang Makna Administrasi




Sudah seminggu perkuliahan berjalan, tapi aku masih saja belum begitu paham, "apa sih ilmu administrasi negara?" dan tadi sedikit tercerahkan mendapat kuliah pengantar ilmu administrasi negara.

Pengertian Administrasi menurut asal kata-nya sendiri berasal dari bahasa Belanda dan Inggris.

Dalam bahasa Belanda, "Administratie" yang artinya setiap penyusunan keterangan-keterangan secara tertulis dengan maksud untuk memperoleh ikhtisar mengenai keterangan-keterangan itu.
Pendek kata, Administrasi menurut bahasa Belanda sama dengan "tata usaha". =>> arti sempit, karena hanya menyangkut kegiatan penunjang  organisasi.

Dalam bahasa Inggris, berasal dari bahasa latin Ad (intensive) + ministrate (melayani, membantu, mengarahkan, dan mengatur kegiatan untuk mencapai tujuan) =>> arti luas, karena administrasi adalah kegiatan utama sekaligus kegiatan penunjang (sekaligus tata usaha).

Para ahli pun mendefinisikan administrasi sebagai berikut :

1.  Dwight Waldo (1971) mengemukakan bahwa : Administrasi adalah suatu bentuk daya upaya manusia yang kooperatif yang mempunyai tingkat rationaliteit yang tinggi.

2.  William H. Newman (1963) berpendapat bahwa : Administrasi adalah bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan dari pada usaha dari sekelompok individu menuju pencapaian Tujuan bersama.

3.  Dr. S.P. Siagian MPA (1977) berpendapat bahwa : Administrasi adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai Tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

4.  Drs. The Liang Gie dan Drs. Sutarto (1977) mengemukakan pula bahwa : Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu.

Jika kita memahami pengertian-pengertian tadi. Dapat kita simpulkan bahwa Administrasi mempunyai faktor (yang menjadikan adanya sesuatu) seperti :
- Dilakukan oleh sekelompok orang (dua orang atau lebih).
-Berlangsung dalam suatu bentuk kerja sama.
-Dimaksudkan untuk mencapai Tujuan tertentu yang telah ditetapkan.

Administrasi sebagai rangkaian kegiatan penataan  di dalam pelaksanaanya bila diteliti terlihat adanya unsur-unsur yang menurut The Liang Gie unsur-unsur tersebut terdiri atas 8 macam , yaitu :

1.  Organisasi: adalah unsur pertama dari Administrasi yang merupakan wadah dimana kegiatan–kegiatan administrasi dijalankan. Dalam organisasi dikelompokkan ortang-orang, tugas-tugas, wewenang, dan tanggung jaawab serta hubungan diantara para pekerja atau unit-unit tugas.

2.  Manajemen: adalah rangkaian perbuatan menggerakkan orang-orang dan mengerahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan kerjasama betul-betul tercapai.

3.  Komunikasi: rangkaian perbuatan menyampaikan inor,asi dari satu pihak kepeda pihak lain dalam usaha kerjasama yang bersangkutan.

4.   Kepegawaian: rangkaian perbuatan mengatur dan mengurus tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerjasama yang bersangkutan.

5.  Keuangan: rangkaian perbuatan mengelola segi-segi pembelanjaan dalam usaha kerja sama.

6.  Perbekalan: rangkaian perbuatan mengadakan, mengatur pemakaian, mendaftar, memelihara, sampai kepada penyingkiran benda-benda perlengkapan dalam usaha kerjasama.

7.  Tatausaha : rangkaian perbuatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukkan dalam usaha kerjasama.

8.  Hubungan masyarakat: rangkaian kegiatan menciptakan hubungan baik dan dukungan dari masyarakat sekeliling terhadap usaha kerja sama yang bersangkutan

Ketiga faktor administrasi harus ada agar suatu kegiatan dapat disebut administrasi. Namun tidak semua unsur dapat menjadi bagian suatu administrasi. Semakin kompleks suatu organisasi, semakin lengkap unsur organisasi yang ada.
Contoh : Adi dan Didi disuruh Ayah mengembala kambing. Kegiatan ini termasuk administrasi karena dilakukan lebih dari 1 orang, ada kerjasama untuk mencaapai tujuan. Tapi minimal hanya memerlukan unsur komunikasi dalam kegiatan tersebut.

Sedangkan jika organisasinya sudah mencangkup negara, pasti akan lebih banyak unsur di dalamnya.

Untuk menghindari kerancuan arti kata Administrasi, kita menganggap bahwa pengertian administrasi menurut bahasa Belanda adalah kegiatan tata usaha. Sedangkan pengertian Administrasi yang akan dipelajari adalah pengertian yang berasal dari bahasa Inggris yang menganggap bahwa Administrasi sebagai proses/kegiatan.

Ini adalah proses usaha kerja sama manusia menuju pencapaian tujuan yang mencakup segenap faktor-faktor, pengertian, unsur-unsur serta pengaruh lingkungan Administrasi  menurut The Liang Gie, 1977 dapat digambarkan sebagai berikut :




Keterangan :

O  : Organisasi                K : Keuangan

M : Management             P : Perbekalan

K  : Komunikasi               T : Tata Usaha

K  : Kepegawaian            H : Hubungan Masyarakat

Komentar